Pertolongan Pertama pada Cedera Bakar Sesuai Keparahannya

Pertolongan pertama pada cedera bakar wajib dicoba sesuai bagian keparahannya. Cedera bakar bisa terjadi karena sumber panas berlebih yang mengganggu jaringan badan. Pemicu cedera bakar dapat beraneka ragam, mulai dari paparan api, sengatan listrik, cahaya mentari, radiasi, materi kimia, larutan panas, serta serupanya.

Bagian keparahan cedera bakar dapat enteng ataupun berat serta mengecam jiwa. Berarti buat mengenali isyarat serta pemeliharaan pertolongan pertama yang pas buat meminimalisir kehancuran sampai melindungi nyawa korban.

Kawan MIKA, ayo ikuti langkah- langkah yang wajib didapat buat cedera bakar serta bila wajib mencari pemeliharaan kedokteran pada postingan selanjutnya:

Tipe cedera bakar

Penindakan cedera bakar wajib dicoba sesuai dengan bagian keparahannya. Dengan cara biasa, cedera bakar dibagi jadi 3 jenis bersumber pada tingkatan keparahannya, ialah:

  • Derajat pertama( cetek): tercantum enteng sebab cuma pengaruhi selaput( susunan luar kulit). Seorang yang hadapi cedera bakar bagian pertama mempunyai ciri kemerahan serta perih di zona cedera.
  • Derajat kedua( ketebalan parsial: tercantum cedera bakar lagi yang pengaruhi selaput serta dermis( susunan dalam dari 2 susunan penting kulit). Isyarat cedera bakar kedua ialah kemerahan, bengkak, baret, serta becak.
  • Tingkat ketiga( ketebalan penuh): tercantum cedera bakar besar sebab pengaruhi susunan luar kulit dan lemak serta jaringan lain, dengan kulit jadi hitam ataupun jadi putih serta nampak keras. Cedera bakar tingkatan 3 bisa jadi tidak sakit, sebab saraf yang sudah cacat.

Pertolongan pertama pada cedera bakar bersumber pada keparahan

Bila Kamu ataupun seorang di dekat hadapi cedera bakar, perihal pertama yang wajib dicoba ialah menjauhlah dari sumber cedera bakar. Berikutnya, basuh zona dengan halus dengan air dingin buat kurangi temperatur. Janganlah sempat memakai es batu.

BACA JUGA  Saran Hotel Ekonomis di Batu Malang yang Family Friendly

Lepaskan busana dari cedera melainkan busana melekat di badan yang hadapi cedera. Bila ini terjadi, perkenankan pakar kedokteran buat menanganinya. Lepaskan perhiasan apa juga saat sebelum zona itu membesar.

Tutup cedera bakar dengan kain bersih ataupun kain kasa bila Kamu memilikinya. Jauhi mengenakan basut, mentega, ataupun salep pada cedera bakar, sebab bisa menahan panas.

Tidak hanya itu, langkah- langkah pertolongan pertama bisa disesuaikan dengan bagian keparahannya. Selanjutnya ini uraian sepenuhnya:

Cedera Bakar Tingkatan Pertama

Semacam yang telah dipaparkan lebih dahulu, cedera bakar tingkatan pertama cuma pengaruhi dataran kulit, menimbulkan kemerahan, perih, serta bisa jadi sebagian pembengkakan.

Buat seperti itu, umumnya situasi ini tidak membutuhkan pemeliharaan kedokteran. Selaku tahap pertolongan pertama pada cedera bakar enteng, Kawan MIKA bisa melaksanakan tahap selaku selanjutnya:

  • Kompres berair dingin di zona itu. Kamu pula dapat menaruh zona yang terserang cedera bakar di dasar air dingin sedini bisa jadi buat merendahkan panas. Cara menyejukkan cedera bakar ini dapat dicoba dekat 10 menit ataupun hingga rasa sakitnya menurun.
  • Hindari mengenakan basut, mentega, ataupun salep pada cedera bakar, sebab bisa menahan panas.
  • Tutupi zona itu dengan pembalut bersih, bila butuh. Ubah teratur serta proteksi dari cahaya mentari buat menjauhi cedera jadi akut.
  • Gunakan sabun cair enteng buat membersihkan zona itu tiap hari.
  • Oleskan petroleum jelly sepanjang sebagian kali satu hari.
  • Jika cedera bakar menimbulkan rasa sakit, mengkonsumsi obat pereda perih yang dijual leluasa buat kurangi rasa sakit serta infeksi.

Cedera Bakar Bagian Kedua

Sedangkan itu, cedera bakar tingkatan 2 terkategori lagi, dengan pertanda semacam kemerahan, melepuh, perih, serta bengkak.

BACA JUGA  Aplikasi Pesan dan Aplikasi Obrolan Terbaik Untuk Android

Pertolongan pertama pada cedera bakar lagi merupakan selaku selanjutnya:

  • Rendam zona yang terluka dalam air paling tidak sepanjang 10 menit. Dapat pula menyejukkan zona cedera bakar mengenakan handuk sepanjang kurang lebih 15 menit. Jauhi mengenakan es batu. Rasa sakit bisa jadi hendak lenyap sehabis 30 menit.
  • Lepaskan perhiasan ataupun busana yang dapat jadi sangat kencang bila zona itu membesar.
  • Jangan mengoleskan minyak, mentega, salep, ataupun bubuk pada cedera bakar.
  • Sebelum melaksanakan pemeliharaan, mencuci tangan. Setelah itu basuh cedera bakar dengan halus, keringkan dengan kain bersih serta halus.
  • Jika ada cedera lepuh, janganlah sekalipun memecahkannya sebab bisa tingkatkan resiko peradangan. Umumnya cedera lepuh hendak lenyap sendiri dekat sepekan.
  • Jika cedera bakar lebih besar dari 2- 3 inci, ataupun di wajah, tangan, perlengkapan kemaluan, ataupun sendi penting, lekas temui fasilitator kedokteran.

Cedera Bakar Tingkatan Ketiga

Cedera bakar tingkatan 3, yang menggapai susunan lemak serta bentuk lain di dasar kulit, bisa mengecam jiwa.

Bila seorang hadapi cedera bakar akut dengan kulit yang nampak gosong ataupun putih, mendatangi 112 ataupun lekas miliki pemeliharaan kedokteran. Ingat, cedera bakar tingkatan 3 bisa jadi tidak menyakitkan sebab akhir saraf sudah cacat.

Apalagi bila tidak terdapat rasa sakit, pemeliharaan kedokteran lekas buat cedera bakar yang akut amat berarti.

Sembari menunggu pertolongan kedokteran tiba, Kawan MIKA dapat melaksanakan pertolongan selaku selanjutnya:

  • Jangan rendam cedera bakar dengan air.
  • Jangan mengoleskan salep, mentega, minyak, ataupun basut apa juga.
  • Jangan lepaskan busana yang melekat di zona itu.
  • Tutupi zona itu dengan pembalut murni ataupun kain bersih yang longgar.
  • Perhatikan isyarat peradangan semacam kemerahan ataupun merasa lemas.
BACA JUGA  Tips Diet Cepat yang Nyaman buat Merendahkan Berat Badan